Minggu, 15 Mei 2011

manajemen ritel tugas lanjutan tugas diskusi kelompok

           MANAJEMEN RETAIL

1.      Apakah definisi dari bisnis ritail itu? Jelaskan!
bisnis retail adalah semua kegiatan yang terlibat dalam menjual barang atau jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk kepentingan pribadi, non-bisnis digunakan

2.      Terdapat 3 (tiga) macam jasa dalam industry ritail: self-service, self-selection, dan limited service. Jelaskan dan berikan 2 (dua) contoh sekitar kita bisnis retail yang menerapkan kebijakan tersebut!
  • Self-service adalah konsumen lebih bebas memilih produk yang dipilih oleh masyarakat. sistem pelayanan  terpadu yang memungkinkankonsumen dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa harus langsung datang ketempatanya.
Contoh : seperti pelanggan di Carrefour,hypermart,hero dan giant karena mereka bebas memilih membeli produk di manapun
  • Self-selection adalah Orang-orang yang cenderung tidak menyukai calon yang ada cenderung akan tidak mau menyusahkan diri meluangkan waktu dan uang untuk mengikuti survey itu. Maka survey seperti ini tidak dianggap valid sebagai suatu dasar.
Contoh : memilih presentase kepuasan pelanggan carrefour apakah mereka puas atau tidak dalam berbelanja di Carrefour yang tersedia di dalam web resmi mereka
  • Limited service adalah di mana pelanggan umumnya memesan atau memilih item dan membayar sebelum makan. Makanan dan minuman boleh dikonsumsi di tempat, dibawa keluar, atau dikirim ke lokasi pelanggan. Beberapa perusahaan di industri ini dapat memberikan layanan makanan ini dalam kombinasi dengan menjual minuman beralkohol.
Contoh :restaurant makanan,dimsum,hanamasa,dll


3.      Apa saja indicator bahwa penjualan kita efektif? Jelaskan!
  • Jumlah orang yang lalu lalang: memilih lokasi yang strategis dan melihat seberapa banyak orang yang lalu lalang dalam 30 menit di depan toko kita
  • Persentase orang-orang yang masuk toko: setelah kita menghitung orang yang lalu lalang di depan toko kita kita hitung berapa orang yang masuk ke dalam toko kita dalam 30 menit kita lihat brapa banyak yang masuk ke toko kita dari yang lalu lalang di luar
  • Persentase dari mereka yang membeli: setelah kita melihat berapa persentase konsumen yang mengunjung toko, maka selanjutnya kita menghitung brapa orang yang membeli produk kita.
  • Jumlah yang di hasilkan per penjualan: seterusnya kita juga harus mengamati jumlah yang di hasilkan per penjualan dari pengunjung yang melakukan pembelian, karena tidak setiap pengunjung melakukan pembelian yang banyak, bisa saja seorang pengunjung dating ke toko hanya untuk membeli permen. Jika sebuah toko memenuhi indicator di atas maka dapat di bilang toko tersebut memiliki penjualan yang efektif.



4.Sebutkan dan jelaskan trend dalam industry riteldewasa ini!
Trend dalam industry retai dewasa ini adalah:
  • -Perbedaan dalam format retail = besar, kecil:
            Bisnis Retail kecil di gambarkan sebagai retailer yang berpenghasilan di bawah     $500 pertahun. Pemilik retail pada umumnya bertanggung jawab penuh terhadap seluruh penjualan dan manajemen.
            Biasanya kebanyakan pemilik toko pada bisnis retail kecil ini dimiliki oleh secara individu (Individual Proprietorship)
Sedangkan retail besar adalah industri Retail yang banyak di kuasai oleh organisasi besar, organisasi tersebut meliputi :
Departemen Store - Chain organization (organisasi berantai), Supermarket, Catalog Store, Warehouse, Outlet dan Online Store (Toko Online )
Departemen Store merupakan salah satu dari retailer besar dimana menawarkan berbagai macam jenis produk / barang, tingkat harga dan kenyamanan dalam berbelanja.
  • Meningkatnya konsentrasi industry: pada saat ini telah banyaak retail yang hanya berkonsentrasi pada industrynya saja, karena dengan begitu mereka dapat maksimal di sana.
  • Globalisasi: pada masa globalisasi ini setiap retail harus mengikuti perkembangan jaman, karena kalau mereka tidak mengikuti perkembangan jaman yang begitu cepat dan pesat sekarang ini, maka usaha retail itu akan sangat sulit untuk bersaing dengan retail yang mengikuti perkembangan jaman.
  • Penggunaan berbagai cara interaksi pada konsumen: pada saat ini banyak bisnis retail yang menggunakan berbagai cara interaksi kepada konsumen guna memenangkan persaingan bisnis.

5.Bagaimana cara pengecer dapat berinteraksi dengan konsumennya? Jelaskan!
  • Retail non store = teknologi: para pengecer akan lebih mudah berinteraksi dengan para  konsumennya melalui teknologi, misalnya pengecer dapat dengan mudah menyampaikan informasi-informasi tentang produk-produknya kepada konsumen dengan mudah melalui internet.
  • store retail = direct mail, catalog: pengecer juga dapat berinteraksi dengan para knsumennya dengan melewati catalog-katalog yang di bagikan.
  • cara kombinasi = internet, catalog: pengecer juga dapat menggunakan cara ini, misalya memasang iklan-iklan di web-web yang banyak di kunjungi mayoritas konsumennya.


6.Sebutkan dan jelaskan 3 (tiga) dari lima fungsi bisnis ritail!
·        Menyediakan berbagai jenis produk dan jasa
          Bisnis retail adalh bisnis yang memberikan kemudahan kepada konsumen karena                     bisnis retail menyediakan berbagai macam produk yang berbeda-beda.dan supply chain managementnya telah tersystem dengan bagus
·        Memecahkan ukuran produk: maksutnya adalah keinginan setiap konsumen pasti berbeda-beda  dengan begitu belarti ukuran yang di inginkan juga pasti akan berbeda-beda.
·        Penyimpan persediaan: bisnis retai harus selalu memiliki stock barang, karena tujuan pertama dari bisnis retai adalah memberikan kepuasan kepata setiap konsumen.


7.Sebutkan dan jelaskan empat macam penjualan yang tidak menggunakan toko (non-store)!
·        Retail elektronik: penjualan retail elektronik ini dapat dilakukan melalui vending machine, telepon, situs internet, kartu kredit / transfer bank.
·        Catalog dan pemasaran surat langsung: sebuah bisnis retail dapat menggunakan Catalog dan pemasaran surat langsung untuk menawarkan produknya.
·        Direct selling: pada kesempatan ini sebuah bisnis retail dapat memanfaatkan hubungan jangka panjang untuk memasarkan produknya.seperti sales door to door
·        Television home shopping: bisnis retail juga dapat menggunakan television home selling untuk mempromosikan produknya.seperti lejel home shopping,drtv.


8.Sebutkan dan jelaskan proses belanja para konsumen!
  • Kebutuhan fungsional / rasional: kebutuhan yang terkait dengan kinerja produk, kebutuhan yang di pengaruhi alasan rasional, rendah gengsi, atau perasaan.
  • Kebutuhan psikologis / emosional: kebutuhan yang terkait dengan keputusan pribadi, motivasi pembelian yang dipengaruhi emosi / perasaan seperti gengsi, indah, bagus, iba, marah.
  • Pencarian informasi: sebelum melakukan pembelian para konsumen akan  berusaha mengumpulkan informasi sebanyak mungkin untuk menentukan pembeliannya.
·        Mengurangi pencarian informasi: dengan cara Mengurangi pencarian informasi maka konsumen akan merasa lebih percaya dengan informasi yang di dapatkannya.
·        Evaluasi atas berbagai alternative: konsumenakan melakukan perbandingan dengn alternative lain, untuk mendapatkan keputusan berbelanja.
·        Evalusi setelah berbelanja: konsumen cendrung akan melakukan perbandingn harga setelah melakukan pembelanjaan.

9.Sebelum melakukan pembelian, konsumen akan mencari informasi. Factor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan informasi tersebut?
Factor yang mempengaruhi konsumen dalam mencari informasi:
a.    Sifat dan penggunaan produk yang dibeli contohnya makin kompleks makin mendalam
b.    Karakteristik pribadi pelanggan contohnya berhati-hati, hemat, cermat
c.    Aspek pasar dan situasi dimana belanja tersebut berlangsung





10.Bagaimana cara membangun loyalitas konsumen?
a.    Konsumen yang loyal akan terus berbelanja pada satu retail tertentu meskipun retail pesaing telah membuka tokonya didekat lokasi rumah mereka
b.    Salah satu mendeteksi loyalitas pelanggan: Frekuensi kunjunga,Presentase belanja pelanggan
c.    Mengembangkan strategi yang jelas dan tepat seperti positioning program
d.    Menciptakan hubungan emosional dengan para konsumen melalui program loyalitas

11.Terdapat empat macam kunci sukses keberhasilan dalam bisnis ritail ketika memasuki pasar global. Sebutkan dan jelaskan!
Kunci sukses bisnis retail:
a.    Keunggulan bersaing yg dpt dipertahankan scr global
b.    Kemampuan menyesuaikan
c.    Budaya global
d.    Kemampuan finansial


12.Bagaimana formasi yang mungkin dalam kita membentuk struktur organisasi dalam bisnis ritail? Sebutkan dan jelaskan disertai contoh struktur organisasinya!
  • Struktur organisasi Fungsional, mis: dept promosi, dept. keuangan, dept. SDM, dept. pengawasan toko
  • Struktur organisasi Produk, mis: manajer pakaian pria, manajer pakaian anak2, manajer pakaian dalam, dst.
  • Struktur organisasi Geografis, mis: manajer lokasi A, manajer lokasi B, dst.
  • Struktur organisasi Kombinasi, mis: Manajer Promosi membawahi manajer lokasi A dan B.
  • Struktur organisasi beerdasarkan jenis ritail dan ukuran perusahaan:
a.                   Organisasi ritail (satu toko)
b.                  Organisasi regional berdasarkan geografis & divisi
c.                   Organisasi perusahaan dari rantai regional (sistem informasi)

13.Masalah hukum dan perundang-undangan apa saja yang harus diperhatikan para pengecer?
Hukum dan undang-undang yang harus diperhatikan oleh pengecer:
a.    Kesempatan yg sama bagi setiap karyawan
b.    Gaji atau kompensasi
c.    Hubungan ketenagakerjaan
d.    Keselamatan dan kesehatan kerja
e.    Pelecehan seksual
f.      Privasi karyawan 




14.  Bagaimana cara meminimalkan pencurian barang dagangan?
  • Memasang camera cctv di segala sudut toko
  • Menugaskan karyawan untuk berpatroli di dalam toko
  • Memasang anti theft system di saat pintu keluar masuk toko

15.  Salah satu pertanyaan quiz dari presenter adalah: apa kelemahan bisnis ritail?
Kelemahan bisnis retail adalah dimana system dari bisnis ini bisa di tiru oleh pihak lain dan saling menjatuhkan harga antara sesama perusahaan retail dan setiap peretail memiliki peratruan yang sama sehingga tidak menciptakan persaingan dan tidak memiliki pelanggan yang loyal dalam toko retail tersebut karena dari toko retail yang sama mereka mengikuti peraturan dari peretail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar